Tips Android agar TIDAK LEMOT dan Mudah Hang!

Tips Android agar TIDAK LEMOT dan Mudah Hang! Kita semua berharap ponsel kita sedikit lebih cepat bukan? Nah tips berikut inilah yang harus dicoba, dan apa yang harus dihindari.

Tips android pertama yaitu :

Tips Android
Tips Android















Membersihkan Layar Utama Anda

Jika ponsel Anda memiliki prosesor lebih lambat atau ringan pada RAM. Maka pertahankan layar belakang sederhana dapat membantu mempercepatnya. Wallpaper bergerak dan widget online menggunakan sumber daya, dan yang terakhir bahkan dapat terus memperbarui di latar belakang. Sehingga ini dapat memperlambat ponsel Anda.

Dimana Anda kemungkinan besar melihat dampaknya adalah melalui sesuatu yang disebut "home screen redraw". Bila Anda beralih dari aplikasi yang memakan banyak RAM seperti Chrome, Anda akan melihat layar awal yang benar-benar kosong dan harus menunggu beberapa detik sementara ikon, widget, dan wallpaper Anda semua dimuat ulang. Jaga agar layar beranda ponsel Anda tetap rapi agar terhindar dari hal ini.

Gunakan Launcher yang Berbeda

Peluncur aplikasi default pada telepon Anda biasanya dirancang untuk menampilkan fitur terbaik perangkat Anda. Peluncur aplikasi ini tidak selalu yang tercepat atau paling efisien. Ada sejumlah besar peluncur pihak ketiga di Play Store, banyak yang  telah dioptimalkan untuk kecepatannya. Anda perlu mencoba beberapa peluncur aplikasi yang berbeda. Dan mencoba merasakan perbedaan performa dari perangkat Anda setelah mengganti peluncur aplikasi.

Ubah Browser

Browser web default di Android adalah Chrome, dan ini adalah aplikasi yang cukup berat dan memakai banyak konsusi RAM. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya, namun solusi yang lebih baik mungkin beralih ke sebuah browser baru yang lebih ringan.
Jika Anda lebih memilih sesuatu yang lebih mirip dengan Chrome, maka cobalah di Opera. Fitur kompresi datanya dapat membantu halaman yang dimuat lebih cepat.

Hapus Perangkat Lunak Antivirus

Perangkat lunak antivirus menawarkan ketenangan pikiran kepada pengguna Android. Namun tidak perlu, karena aplikasi ini justru akan memperlambat telepon Anda. Selama Anda hanya memasang aplikasi dari sumber resmi seperti Play Store atau Amazon Appstore, Anda mungkin tidak akan menemukan perangkat lunak berbahaya.

Reboot secara teratur

Anda tidak perlu melakukannya setiap hari, tapi reboot sesekali akan menghasilkan sebuah perbedaan besar pada ponsel android Anda. Terutama jika ponsel Anda menjadi sangat lambat atau mulai berjalan lebih panas dari biasanya. Jika Anda mencoba semua tip ini dan menemukan bahwa tidak ada yang berhasil, setel ulang pabrik mungkin juga bisa Anda jalankan. Sebelum melakukannya, pastikan Anda mencadangkan data terlebih dulu.

Coba ROM yang berbeda

ROM khusus berisi sistem operasi Android yang lengkap, dan menggantikan semua perangkat lunak yang telah terinstal di telepon Anda. ROM mungkin memiliki tampilan atau fitur tambahan yang berbeda, atau mungkin dioptimalkan untuk kinerja.

Lalu Tips Android Apa yang Tidak Boleh Dilakukan pada Ponsel Android Kita?


Setelah tips yang berhasil, berikut juga ada beberapa tips android peningkatan kecepatan yang tidak boleh dilakukan. Waspadalah terhadap aplikasi mana pun yang membuat klaim besar tentang berapa banyak mereka dapat mempercepat telepon Anda.

Task Killer

Task Killer adalah salah satu utilitas terpopuler di Play Store. Namun sama sekali tidak berguna. Bahkan, mereka bisa membuat ponsel Anda lebih lambat . Task Killer menutup aplikasi latar belakang untuk membebaskan RAM. Idenya adalah RAM bebas meningkatkan performa, tapi ini tidak benar.

Android dirancang untuk menyimpan aplikasi di RAM sehingga bisa dipulihkan dengan cepat. Dan dengan cerdas akan menutup aplikasi saat perlu membebaskan sumber daya tambahan. Lebih penting lagi, beberapa proses yang berkaitan dengan beberapa aplikasi akan dimulai lagi segera setelah mereka ditutup. Karena aplikasi harus berjalan di latar belakang. Ini terus-menerus berhenti dan mulai akan memperlambat telepon Anda jauh lebih banyak daripada jika Anda membiarkan Android melakukan pekerjaan yang harus dilakukan.

Menutup Apps

Untuk alasan yang sama, tidak perlu terlalu cepat menutup aplikasi secara manual. Sekali lagi, Android mengelola ini secara otomatis. Jika Android perlu membebaskan RAM, maka ponsel akan menutup aplikasi mana pun yang belum pernah Anda gunakan dalam beberapa saat.

Menggunakan Setiap Speed ​​Booster

Sementara kami mencoba untuk menghindari generalisasi. Maka aman untuk mengatakan bahwa Anda harus menghindari aplikasi non-root yang menjanjikan peningkatan kinerja telepon Anda. Ini termasuk penguat RAM, peningkat kecepatan kartu SD, dan defragmenter. Mereka sering tidak bekerja dengan baik. Bahkan benar-benar bisa memperlambat telepon Anda, dan sering kali dikemas dengan iklan yang sangat mengganggu. Demikian tips android yang dapat saya sampaikan untuk mempercepat kinerja ponsel Anda.