7 Oleh-Oleh yang Wajib Dibawa Pulang Ketika Berlibur di Medan

Medan merupakan salah satu kota istimewa di Sumatera Utara. Jalur kereta api aktif di kota ini membuat Anda tak kesulitan ketika ingin berlibur. Apalagi kini tiket kereta api bisa dipesan secara online. Setelah tiba di kawasan Sumatera Utara, Anda pun leluasa berkeliling Medan dengan mengandalkan kereta api.
Oleh-Oleh yang Wajib Dibawa Pulang
Tak hanya memiliki alam yang indah, Medan juga memiliki aneka oleh-oleh istimewa yang selalu diburu wisatawan. Ketika berlibur ke Medan nanti, Anda pun tak boleh lupa membawa pulang 7 oleh-oleh populer berikut ini:

Bika ambon
Bika ambon merupakan salah satu kue khas kebanggaan Medan. Cita rasanya sangat lezat dan tak kalah dengan aneka jenis kue modern lainnya. Salah satu merek bika ambon paling terkenal di medan adalah Bika Ambon Zulaikha. Selain menyediakan bika ambon rasa original, tersedia pula varian rasa lain seperti cokelat, pandan, pandan keju, dan moka yang tak kalah menggugah selera.

Teri Medan
Belum ke Medan namanya jika tidak membawa pulang teri Medan. Oleh-oleh yang satu ini sangat mudah didapatkan, baik di pasar tradisional maupun toko oleh-oleh modern. Jika ingin membeli teri Medan siap santap, Anda bisa memilih olahan sambal teri yang praktis dan sedap. Sambal teri Medan kini dikemas secara modern sehingga lebih menarik dan mudah dibawa.

Sirup Markisa
Buah markisa hanya tumbuh di kawasan Brastagi yang berhawa sejuk. Itulah sebabnya sirup markisa menjadi oleh-oleh khas Medan yang tak dapat dijumpai di tempat lain. Kesegaran sirup markisa asli memang sangat istimewa sebagai oleh-oleh. Kini banyak pula sirup markisa berkualitas yang dikemas dalam botol plastik sehingga lebih ringan dan aman saat dibawa pulang.

Kacang Sihobuk
Kacang sihobuk merupakan kacang hasil produksi Desa Sihobuk, Tarutung. Berbeda dengan jenis kacang lainnya, kacang sihobuk lebih renyah dan tidak berminyak. Proses memasaknya dilakukan dengan cara menyangrai kacang pada pasir bersih. Hasilnya, kacang khas Medan ini menjadi lebih kering dan tahan lama. Pemasaran kacang sihobuk bahkan kini sudah mencapai pasar internasional.

Pancake Durian
Popularitas durian Medan memang tak perlu diragukan lagi. Itulah sebabnya Medan juga kaya akan berbagai oleh-oleh berbahan dasar durian. Salah satu yang paling istimewa adalah pancake durian. Pancake yang disajikan dalam keadaan dingin ini menggunakan bahan isian berupa daging buah durian tanpa campuran apa pun. Agar lebih tahan lama, pancake durian harus selalu disimpan di freezer sebelum disantap.

Sidikalang
Daerah Sidikalang di Medan terletak di dataran tinggi yang sejuk dan subur. Sehingga kawasan tersebut bisa menghasilkan kopi Sidikalang berkualitas tinggi. Sekarang, proses pengolahan kopi Sidikalang sudah dilakukan secara modern. Sehingga kopi Sidikalang semakin dikenal sebagai oleh-oleh populer nan berkualitas dari Medan.

Lemang
Jangan khawatir jika ingin membawa Lemang sebagai oleh-oleh. Karena lemang yang masih berada di bambu bisa bertahan hingga 2 hari pada temperatur ruangan. Lemang merupakan makanan khas Medan yang terbuat dari beras ketan dan santan. Adonan beras ketan dan santan yang sudah dibungkus dalam daun pisang kemudian dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar. Perpaduan aroma dari daun pisang dan bambu membuat cita rasa lemang jadi semakin istimewa. Biasanya lemang disantap bersama dengan durian atau makanan pelengkap lainnya.

Di antara ketujuh jenis oleh-oleh populer tersebut, manakah yang paling menarik bagi Anda?
Jangan lupa menyiapkan daftar oleh-oleh yang lengkap sebelum pergi ke Medan. Supaya tak ada oleh-oleh yang tidak termasuk dalam perencanaan budget Anda.