Menjaga KONDISI MOBIL Prima untuk Perjalanan Jauh

Menjaga KONDISI MOBIL Prima untuk Perjalanan Jauh harus Anda lakukan dengan teratur. Mobil Adalah alat transportasi yang dapat memudahkan melakukan perjalanan sendiri atau bersama orang tedekat Anda. Untuk itu Anda perlu melakukan perawatan secara intensif.

Menjaga Kondisi Mobil


Untuk menjaga kondisi mobil tetap prima bisa Anda terapkan sendiri atau menyerahkannya pada orang professional dalam bidang otomotif. Mobil juga sarana yang banyak digunakan para pengusaha untuk memasarkan produk, misalnya bisnis online antar paket. Sarana ini sangat penting untuk mendapat perhatian lebih, apalagi jika akan melakukan perjalanan jauh.

Berikut beberapa yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan menjaga mobil tetap dalam kondisi prima :

Popping kap mesin saat Anda pulang

Popping kap mesin memungkinkan untuk menghindari panas pada mesin. Pada mobil canggih seperti Suzuki Ertiga mungkin hal ini tidal telalu diperhatikan, karena mobil ini memiliki fitur lebih dari yang lainnya. Semakin cepat mesin bisa dingin, semakin lama bagian plastik dan karet kecil di bagian mesin Anda bertahan karena tidak menjadi rapuh karena panas yang berlebihan. Panas juga bisa meresap ke dalam interior, yang bisa membuat dashboard Anda rapuh dan retak seiring berjalannya waktu.

Tutup ban Anda

Menjaga tutup katup ban berarti Anda cenderung tidak lembut sepanjang waktu. Evakuasi udara dari ban Anda adalah kenyataan, dan tempat pertama yang dilepaskan udara dari katup ban. Menjaga mereka tertutup akan memperlambat proses secara signifikan.

Jika Anda menyimpan mobil Anda untuk waktu yang lama, pompa tekanan ban beberapa psi lebih tinggi dari biasanya. Jika Anda memarkir mobil Anda dan itu tidak akan bergerak setidaknya selama satu bulan, Anda berisiko terkena ban mobil atau mengeluarkannya dari putaran.

Hindari meremas rem tangan atau membuat rem basah setelah perjalanan panjang

Jika Anda menggunakan rem tangan saat mobil, mesin, dan kendaraan lainnya masih panas dari perjalanan panjang. Ada kemungkinan rem tangan akan menempel pada drum atau hub. Hal ini mungkin membuat melepaskan rem tangan yang sulit pada saat Anda mengemudi.

Selalu gunakan air suling untuk segala hal yang berhubungan dengan mekanis

Air suling adalah teman terbaik mobil Anda. Anda bisa menggunakannya untuk mengisi radiator, mengisi pencuci kaca depan, dan untuk membersihkan terminal baterai dan kutub yang terkorosi. Air suling tidak akan bereaksidengan bahan kimia dan logam lainnya di mesin mobil Anda karena airnya murni.

Lakukan pemanasan dan mengemudi dengan hati-hati

Hangatkan mobil dengan perlahan saat bergerak dengan mengemudi dengan hati-hati dan hindari beban tinggi. Simpan di gigi pertama atau kedua selama beberapa menit pertama, dan jangan menginjak pedal gas. Semakin lama Anda membiarkan mobil Anda menganggur untuk pemanasan, semakin banyak bahan bakar yang Anda buang.

Apakah menggunakan jasa bengkel untu menjaga kondisi mobil baik dilakukan?


Jangan sekali-kali menjaga sistem kemudi yang dibantu secara hidrolik selama lebih dari 10 detik

Pada sistem power steering yang menggunakan hydraulic assist, tekanan operasi di dalam sistem ini bisa mencapai 15 bar, atau pada dasarnya 15 kali tekanan normal. Menjaga mobil sepenuhnya menyalakan kunci selama lebih dari 10 detik dapat menyebabkan keausan maju pada segel minyak, selang, dan klem power steering.

Dinginkan mobil

Mendinginkan mobil juga termasuk cara menjaga kondisi mobil agar tetap prima. Ini banyak diterapkan pada pebisnis yang bergerak dibidang sewa mobil. Mobil perlu pendinginan sebanyak yang mereka butuhkan untuk pemanasan. Tapi seperti pemanasan, Anda bisa melakukan gerakan dingin saat mengemudi dengan lembut dan hati-hati pada 1-2 kilometer terakhir dari drive Anda. Ini memberi waktu mesin untuk mendinginkan diri sampai tingkat yang aman.