Apakah Diperbolehkan untuk Menggunkan Hewan Betina Sebagai Hewan Kurban?

Apakah Diperbolehkan untuk Menggunkan Hewan Betina Sebagai Hewan Kurban? adalah berita terkini dalam dunia islami yang membahas tentang hewan kurban. Hal ini terkadang menjadi pertanyaan besar bagi mereka yang belum memahaminya. Maka dari itu yukk kita simak artikel ini sampai selesai agar kita sama - sama bisa memahami.



Berkenaan dengan hewan kurban, ditetapkan bahwa itu harus menjadi hewan an'aam (yaitu, unta, sapi, domba atau kambing), bebas dari cacat, dan usia yang sesuai sebagaimana ditahbiskan oleh ajaran Islam. Tidak ada perbedaan dalam hal antara laki-laki dan perempuan, sehingga diperbolehkan untuk menawarkan baik sebagai hewan kurban. Untuk lebih jelasnya simak artikel berita ini sampai selesai.

An-Nawawi berkata dalam al-Majmoo: 

Kondisi hewan kurban yang berlaku adalah bahwa itu harus menjadi salah satu hewan an'aam, yaitu unta, sapi dan domba (dan kambing). Semua jenis unta, semua jenis ternak dan semua jenis domba dan kambing dapat diterima. Tidak dapat diterima untuk menawarkan apa pun selain hewan an'aam (ternak), seperti sapi liar, keledai liar, dan seterusnya, dan tidak ada perbedaan pendapat ilmiah tentang hal ini. Tidak ada bedanya apakah hewan itu jantan atau betina, dari jenis-jenis ini. Tidak ada perbedaan pendapat di antara kami tentang hal-hal ini. Akhiri kutipan.

Para ulama dari Komite Pendirian untuk Menerbitkan Fatwa diminta:

Ceritakan kepada kami tentang hewan kurban: apakah dapat diterima untuk menawarkan seekor domba berumur enam bulan, karena mereka mengatakan bahwa tidak dapat diterima untuk menawarkan seekor domba kecuali domba tersebut berusia satu tahun. Anda dapat membeli domba yang gemuk dan sehat agar ibdah Anda tidak sia sia.


Bagaimana Hukum Sebenarnya Tentang Hewan Kurban Betina ?

Berkenaan dengan hewan kurban, tidak dapat diterima untuk menawarkan seekor domba kecuali berusia di atas enam bulan, terlepas dari apakah itu laki-laki atau perempuan. Ini disebut jadh'an karena laporan yang dinarasikan oleh Abu Dawood dan an-Nasaa'i dari hadis Mujaashi 'yang mengatakan: Saya mendengar Rasulullah (rahmat dan damai Allah besertanya) mengatakan: “A jadha '(Domba berusia enam bulan) dapat diterima (sebagai pengorbanan) untuk apa kambing berusia dua tahun dapat diterima. ”Seekor kambing, sapi atau unta tidak dapat diterima kecuali usia yang sesuai, terlepas dari apakah itu laki-laki atau perempuan. Dalam kasus kambing, itu adalah yang telah melewati usia satu tahun. Dalam kasus ternak, itu adalah yang telah melewati usia dua tahun. Dalam kasus unta, itu adalah yang telah melewati usia lima tahun,