Manfaat Kognitif dari Bermain Video Game

Manfaat Kognitif dari Bermain Video Game akan kami bagikan dalam atikel kali ini untuk menambah wawasan Anda. Dalam studi korelasional, gamer biasa dibandingkan, pada beberapa tes persepsi atau kognitif, dengan orang-orang yang sebanding yang tidak bermain video game. Temuan umum adalah bahwa gamer mengungguli non-gamer pada pengujian apa pun yang digunakan. Ini menunjukkan bahwa game adalah penyebab kinerja yang lebih baik, tetapi tidak membuktikannya.

Video Game
Video Game
















Karena mungkin orang yang memilih untuk bermain video game adalah mereka yang sudah memiliki kemampuan perseptif dan kognitif yang superior. Bukti terbaik bahwa video game meningkatkan kemampuan ini berasal dari eksperimen di mana semua peserta awalnya bukan pemain game. Tetapi tidak yang lain, diminta untuk memainkan video game tertentu selama beberapa jam per hari, untuk beberapa hari, demi percobaan. Secara finansial dengan bemain permainan seperti ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan atau jadikan ini sebagai peluang bisnis.

Berikut ini, saya hanya akan menuliskan beberapa temuan yang berasal dari penelitian semacam ini, yang semuanya diringkas dalam artikel oleh Eichenbaum dan rekan-rekannya. Referensi yang saya sebutkan untuk setiap temuan adalah pada laporan penelitian asli.

Baca Juga: Memilih Jasa Pengembangan Aplikasi Android Tebaik untuk Bisnis Online itu Penting!

Perbaikan dalam proses visual dasar
  • Meningkatkan sensitivitas kontras visual . Lima puluh jam aksi bermain video game (tersebar lebih dari sepuluh hingga dua belas minggu) meningkatkan sensitivitas kontras visual (kemampuan untuk membedakan perbedaan halus dalam nuansa abu-abu) dibandingkan dengan kontrol.
  • Pengobatan ambliopia yang berhasil . Amblyopia (juga disebut "malas mata") adalah gangguan yang timbul dari anak usia dinidi mana satu mata menjadi dasarnya tidak berfungsi.
Peningkatan perhatian dan kewaspadaan
  • Meningkatkan perhatian spasial . Video game meningkatkan kinerja pada kemampuan untuk menemukan, cepat, stimulus target di bidang distraktor - tes yang telah ditemukan menjadi prediktor yang baik dari kemampuan mengemudi.
  • Peningkatan kemampuan untuk melacak objek bergerak di bidang distraktor . Game aksi meningkatkan kemampuan anak-anak dan orang dewasa untuk melacak satu set objek bergerak yang secara visual identik dengan objek bergerak lainnya di bidang visual.
  • Mengurangi impulsif . Permainan aksi meningkatkan kinerja dalam tes kemampuan untuk menahan diri dari menanggapi rangsangan non-target, dalam situasi di mana sebagian besar rangsangan meminta respons tetapi stimulus sesekali meminta tidak ada tanggapan.
  • Mengatasi disleksia . Dysexia, setidaknya dalam beberapa kasus, tampaknya berasal dari masalah perhatian visual. Satu penelitian menunjukkan bahwa sedikitnya 12 jam permainan video game meningkatkan skor anak-anak disleksia pada tes membaca dan fonologi. Bahkan, peningkatan itu sama besar atau lebih besar dari yang dicapai oleh program pelatihan yang secara eksplisit dirancang untuk mengobati disleksia.

Adakah Manfaat Kognitif Lain dari Bermain Video Game?

Perbaikan dalam fungsi eksekutif

Fungsi eksekutif mengacu pada kemampuan seseorang untuk membagikan sumber daya mentalnya (seperti persepsi, perhatian, memori) dengan cara yang memungkinkan untuk pemecahan masalah atau pengambilan keputusan yang cepat dan efisien. Banyak percobaan telah menunjukkan efek positif dari pelatihan video game pada ukuran fungsi eksekutif.
  • Peningkatan kemampuan untuk terlibat dalam banyak tugas secara bersamaan. Pada video game aksi secara signifikan meningkatkan kinerja pada tes yang disebut Baterai Tugas Multi-Atribut. Ini melibatkan penggunaan joystick untuk menjaga target yang terpusat pada layar, memantau level bahan bakar, merespons lampu pada panel instrumen, dan mendengarkan serta merespons komunikasi radio. Skor tinggi pada tes ini berkorelasi baik dengan kinerja piloting dunia nyata.
  • Meningkatkan fleksibilitas mental . Sejumlah peneliti telah menunjukkan bahwa pengalaman dengan video game aksi meningkatkan kemampuan orang untuk beralih dengan cepat dan tanpa kesalahan antara tugas yang memiliki permintaan yang saling bertentangan.
  • Membalikkan kemerosotan mental yang menyertai penuaan. Banyak percobaan, dengan partisipan lansia, menunjukkan bahwa permainan video game menghasilkan peningkatan dalam semua kemampuan ini. Manfaat ini juga bisa Anda asakan ketika bermain domino99 online.