Faktor-faktor yang Menentukan Pertumbuhan Ekonomi!


Faktor-faktor yang Menentukan Pertumbuhan Ekonomi! Proses pertumbuhan ekonomi merupakan fenomena yang sangat kompleks dan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor ekonomi, politik, sosial dan budaya. Hal ini diyakini oleh beberapa ekonom bahwa modal adalah satu-satunya persyaratan untuk pertumbuhan. 


Oleh karena itu penekanan terbesar diletakkan pada pembentukan modal untuk menentukan pertumbuhan ekonomi. Sebagaimana Profesor Nurkse katakan dengan benar, “Pembangunan ekonomi sangat terkait dengan anugerah manusia, sikap sosial, kondisi politik, dan kecelakaan historis. Jika menurut informasi terbaru, modal memang diperlukan tetapi bukan kondisi kemajuan yang cukup. ”

Pasokan Sumber Daya Alam

Kuantitas dan kualitas sumber daya alam memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi suatu negara. Sumber daya alam yang penting adalah tanah, mineral dan sumber daya minyak, air, hutan, iklim, dll. Kualitas sumber daya alam yang tersedia di suatu negara menempatkan batas pada tingkat output barang yang dapat dicapai. Maka dari itu penting untuk menentukan jenis-jenis sistem ekonomi yang berkembang di dunia.

Tanpa sumber daya alam minimum, tidak ada banyak harapan untuk pembangunan ekonomi. Namun, harus dicatat bahwa ketersediaan sumber daya bukanlah kondisi yang diperlukan untuk pertumbuhan ekonomi. Misalnya, India, meskipun kaya akan sumber daya alam, tetap miskin dan kurang berkembang.

Ini karena sumber daya belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk tujuan produktif. Jadi bukan hanya ketersediaan sumber daya alam tetapi juga kemampuan untuk memanfaatkannya yang menentukan pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain, Jepang memiliki sumber daya alam yang relatif sedikit tetapi telah menunjukkan tingkat pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi dan sebagai hasilnya telah menjadi salah satu negara terkaya di dunia.

Bagaimana Jepang melakukan keajaiban ini? Ini adalah perdagangan internasional yang memungkinkan Jepang mencapai tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi. Jepang mengimpor banyak sumber daya alam seperti minyak mineral yang dibutuhkan untuk produksi barang-barang manufaktur. Kemudian mengekspor barang-barang manufaktur ke negara-negara yang kaya sumber daya alam. Dengan demikian pengalaman Jepang menunjukkan bahwa sumber daya alam yang melimpah bukanlah kondisi yang diperlukan untuk pertumbuhan ekonomi.

Bagaimana Cara Menentukan Pertumbuhan Ekonomi?

Persediaan sumber daya alam dapat ditingkatkan sebagai hasil penemuan sumber daya baru di suatu negara atau perubahan teknologi yang memfasilitasi penemuan atau mengubah materi tertentu yang sebelumnya tidak berguna menjadi bahan yang sangat berguna. Perlu juga dicatat bahwa kelangkaan sumber daya alam tertentu dapat diatasi dengan pengganti sintetis.

Misalnya, karet sintetis semakin banyak digunakan di tempat karet alam di negara-negara maju. Selanjutnya, nilon yang merupakan zat sintetis sedang banyak digunakan di tempat sutra yang merupakan bahan alami. Penggunaan sumber daya alam dan peran yang mereka mainkan dalam pertumbuhan ekonomi bergantung, antara lain, pada jenis teknologi. Hubungan sumber daya dengan jenis dan tingkat teknologi sangat intim.

Pembentukan Modal

Buruh dikombinasikan dengan modal untuk menghasilkan barang dan jasa. Pekerja membutuhkan mesin, peralatan dan pabrik untuk bekerja. Bahkan penggunaan modal membuat pekerja lebih produktif. Menyiapkan lebih banyak pabrik yang dilengkapi dengan mesin dan peralatan yang meningkatkan kapasitas produktif ekonomi.

Oleh karena itu, menurut pendapat banyak ekonom, pembentukan modal adalah inti dari pembangunan ekonomi. Apapun jenis sistem ekonomi, tanpa akumulasi modal, proses pertumbuhan ekonomi tidak dapat dipercepat.


Pertumbuhan ekonomi tidak dapat dipercepat tanpa mengakumulasi berbagai jenis barang modal, yaitu tanpa membangun pabrik, mesin, peralatan, bendungan, jembatan, jalan, kereta api, pelabuhan, kapal, pekerjaan irigasi, pupuk, dll., Banyak pembangunan ekonomi tidak mungkin.