Manfaat Spooring Dan Balancing Ban Mobil Yang Sering Disepelekan


Ban adalah komponen yang sangat penting keberadaannya, pasalnya ban ini merupakan komponen yang secara langsung bersentuhan dengan aspal jalanan. Mengingat perannya yang sangat penting ini, tentu sangat perlu untuk anda melakukan perawatan secara rutin untuk menjaga kondisinya agar tetap prima. Salah satu cara untuk merawat ban ini adalah dengan spooring dan balancing ban mobil, dan hal ini sering sekali disepelekan oleh pemilik mobil.

Hal ini juga sudah pernah dijelaskan oleh Gunawan, Manager Operasional Carfix Indonesia, Spooring merupakan perawatan yang bertujuan untuk menjaga posisi roda agar tetap lurus dan tidak mempengaruhi posisi setir ketika mengemudi.

“Spooring ini bertujuan agar habisnya ban itu bisa rata, karena bila mobil tidak di spooring maka ban akan habis salah satu sisinya saja. Ketika ban tidak berada dalam posisi lurus, dimana letak perbedaannya hanya satu derajat saja maka umur ban akan berkurang 7%.

Semakin besarnya jumlah pemilik mobil tentu akan menjadi peluang besar bagi bengkel, dimana masih sedikit bengkel yang menyediakan layanan ini di kota maupun daerah pelosok. Dengan semakin modernnya teknologi akan semakin memudahkan banyak orang untuk mendapatkan kebutuhan mereka. Saat ini TOMOnet sebagai salah satu authorized ban mobil bridgestone di Indonesia menawarkan kemudahan untuk berbelanja ban mobil melalui websitenya. Anda bisa mendapatkan informasi harga ban mobil yang akurat dan bisa langsung dipasang di bengkel rekanan terdekat TOMOnet setelah membeli ban model yang diinginkan.



Dengan melakukan penyetelan ban guna mempertahankan posisi ban agar tetap selaras antara kiri dan kanan, akan sangat berguna untuk membuat ban mobil tetap awet untuk dikendarai sehari-hari. Seperti yang kita tahu, bahwa kondisi jalan di Indonesia sendiri tidak semuanya dalam kondisi maksimal maka melakukan perawatan ban ini sangatlah penting untuk dilakukan. Bahkan bisa dikatakan kalau perawatan ban ini wajib hukumnya, sehingga ban tetap awet dan mobil pun dikendarai nyaman.

“Penyetelan ban mobil ini bertujuan agar saat ban terkena lubang tidak mengalami kerusakan, meskipun ada kerusakan letaknya hanya dibagian setelah saja dan bisa diperbaiki sendiri. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan ini bisa dilihat dari intervalnya, antara 10 ribu kilometer sudah bisa melakukan spooring dan balancing ban mobil.” Tutup Gunawan.
Tentunya akan ada banyak masalah yang bisa didapatkan bila seseorang tak melakukan spooring berkala pada kendaraannya, mulai dari ban cepat habis, stir yang tidak stabil dan ketika dikendarai mobil kadang goyang. Hal yang paling parah adalah terjadinya kecelakaan, karena ban sudah terlampau tipis di satu bagian saja dan meledak.

Melihat kondisi ini, tentu sangat penting untuk memperhatikan kondisi dan keadaan ban. Lakukan perawatan yang tepat pada bengkel kepercayaan anda, sehingga anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari perawatan yang anda lakukan.Tidaklupa juga untuk menambahkan asuransi mobil all risk yang terbaik pada kendaraan roda empat anda,  dengan begitu bila ada kerusakan ataupun hal merugikan lainnya, anda bisa melakukan klaim dan mendapatkan hak pergantian yang sesuai.