Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Tubuh - Sawi Putih, juga dikenal sebagai sawi Cina, adalah salah satu jenis sayuran yang terkenal di seluruh dunia karena manfaatnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah sawi putih yang mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat. 



Dan pada artikel ini kita akan membahas berbagai manfaat sawi putih untuk kesehatan sebagai berikut. Dikatakan bahwa, sayuran sawi putih pertama kali dibudidayakan di Cina pada abad ke-15. Bahkan di Korea, menanam sawi putih telah dilakukan selama berabad-abad dan umumnya digunakan sebagai bahan baku untuk Kimchi. Kemudian diperkenalkan di Amerika Serikat dan bagian lain di Amerika pada abad ke-19. Sekarang, kubis telah dibudidayakan dan umumnya ditemukan di seluruh dunia.

MANFAAT PUTIH SAWI

Berikut ini adalah manfaat sawi putih untuk kesehatan:


1. Kaya Vitamin K

Dalam 100 gram sawi putih, mengandung sekitar 38 persen vitamin K dari total asupan harian vitamin K. Vitamin K penting untuk metabolisme tulang dan pembekuan darah. Selain itu, vitamin K dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer dan mengurangi risiko kerusakan sel-sel neuron di otak manusia.


2. Sumber Kalsium

Selain mengandung vitamin K, sawi putih adalah sumber kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang. Dalam 100 gr sawi putih, mengandung sekitar 105 mg kalsium. Ini sama dengan 10,5 persen dari total kalsium yang dibutuhkan manusia dalam sehari.


3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sawi putih mengandung zat anti-oksidan dan anti-inflamasi yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Ini juga dapat membantu Anda mencegah efek karsinogen yang dapat menyebabkan kanker. Karena itu, mengonsumsi mustard putih secara teratur dapat membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


4. Sumber Vitamin A

Vitamin A yang terkandung dalam sawi putih dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin A dan beberapa zat seperti polifenol dan flavonoid juga berperan penting dalam menjaga kesehatan mata Anda. Karena itu, jika Anda ingin menjaga kondisi mata yang sehat, sangat disarankan untuk mengkonsumsi sawi putih.


5. Sebagai Anti Inflamasi

White mustard kaya akan nutrisi yang bekerja secara efisien sebagai agen antiinflamasi yang dapat melindungi tubuh terhadap peradangan. Secara tidak langsung, ini dapat membantu Anda mencegah beberapa penyakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti radang sendi.


6. Mencegah Penyakit Jantung

Mustard putih terdiri dari sejumlah besar vitamin B9 yang memiliki peran untuk meningkatkan fungsi jantung pada manusia. Yaitu dengan mengurangi homocysteine ​​yang bisa menjadi penyebab utama serangan jantung pada usia dini.


7. Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam sawi putih memiliki peran penting sebagai antioksidan yang berguna dalam mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, polusi, dan asap rokok. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan kolagen untuk mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit.



8. Mengatasi Gangguan Emosional

White mustard mengandung vitamin B6 yang bertanggung jawab untuk menangani sejumlah gangguan emosional. Kekurangan vitamin ini dapat mempengaruhi pembentukan hormon dan ketidakseimbangan kadar hormon, yang akhirnya menyebabkan gangguan emosi. Karena itu, mendapatkan asupan vitamin B6 cukup penting untuk mengendalikan dan mengatasi gangguan emosi.

Melalui artikel ini, dapat dilihat bahwa sawi memiliki banyak kegunaan, terutama 8 manfaat sawi putih untuk kesehatan yang dibahas kali ini. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjalani gaya hidup sehat.