Cara Efektif Belajar Saham untuk Pemula yang Wajib Anda Tahu


Begitu banyak cara untuk mendapatkan rupiah, tak terkecuali dengan bermain saham. Cara yang satu ini menjadi kegiatan favorit para pengusaha untuk mendapatkan uang tambahan. Apabila serius dalam menjalaninya, bermain saham dapat menjadi sumber keuangan utama yang cukup besar.
cara efektif belajar saham untuk pemula


Berbanding terbalik dengan benefitnya, saham dapat menjadi racun apabila tak dibarengi dengan pengetahuan yang mumpuni. Ilmu dalam pasar modal merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki sehingga anda dapat terhindar dari risiko rugi.

Untuk itu, kami memberikan beberapa tips mengenai cara efektif belajar saham untuk pemula yang wajib anda tahu. Simal ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Efektif Belajar Saham untuk Pemula

Bagaimana cara memulai bermain saham? Bagi anda para pemula dalam dunia pasar modal, pasti pertanyaan tersebut kerap kali menjadi momok yang membuat anda harus berfikir dua kali untuk memulainya. Berikut kami jelaskan beberapa langkah mudah untuk memulai bermain bisnis saham di pasar modal (sumber: Duwitmu.com).

Siapkan Modal Awal

Serupa dengan bisnis lainnya, langkah awal yang harus anda lakukan untuk memulai bisnis saham adalah menyiapkan modal awal. Meskipun mampu memberikan laba yang cukup besar, modal awal yang diperlukan untuk memulai bisnis tak terlalu besar yakni cukup Rp 100 ribu saja. Sejumlah uang tersebut digunakan sebagai saldo rekening minimal untuk mengikuti permainan saham.
Setelah mendapatkan keuntungan, anda dapat menambahkan modal yang lebih besar untuk mendapatkan laba yang lebih banyak lagi.

Selektif Memilih Broker

Tak hanya masalah modal, broker juga termasuk ke dalam komponen yang sangat penting dalam proses bermain saham. Bagi anda yang belum tahu, broker merupakan penghubung antara investor dan perusahaan yang memperjualbelikan sahamnya di pasar sekunder.

Sesuai dengan prosedur yang berlaku, seorang investor individual tidak dapat membeli saham suatu perusahaan secara langsung, di mana kedua belah pihak tersebut harus menggunakan jasa broker atau pialang sebagai pihak kedua. Setalah melaksanakan tugasnya sebagai seorang pialang, broker tersebut akan mengenakan imbalan untuk setiap transaksi jual beli saham di pasar modal.

Tak semua broker dapat dipercaya. Untuk itu, anda harus benar-benar selektif dalam memilihnya. Salah satu cara yang dapat anda ambil adalah dengan menelisik jejak karirnya di dunia pasar modal di masa lalu dari portofolionya.

Pilih Tipe Investasi

Mempertimbangkan untuk memilih tipe investasi merupakan cara efektif belajar saham untuk pemula. Tak hanya saham, di pasar modal anda dapat berinvestasi dalam berbagai sekuritas, salah satunya adalah forex (foreign exchange). Investasi jenis ini lebih mengedepankan apda fluktuasi nilai mata uang terhadap mata uang lainnya.

Apabila belum terlalu mahir dan untuk menghindari risiko kerugian, anda disarankan untuk bermain aman dengan memilih sekuritas saham saja. Selain itu, apabila anda seorang pemula usahakan untuk menanam modal di sebuah perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang bagus dan stabil.

Pantau Pergerakan Ekonomi

Cara efektif belajar saham untuk pemula yang terakhir namun tak kalah pentingnya adalah rutin memantau pergerakan ekonomi. Sebagai seorang investor yang menanamkan modalnya dalam sebuah perusahaan, anda harus mengetahui waktu yang tepat di mana anda harus membeli atau menjual sebuah saham.

Satu tips bagi anda seorang pemula, apabila perekonomian sedang stabil atau normal anda disarankan untuk berinvestasi. Namun, apabila kondisi ekonomi sedang menurun, segeralah menjual saham yang anda miliki dan tunda untuk membeli saham baru.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara efektif belajar saham untuk pemula. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.