Ketahui Syarat dan Ketentuan Meminjam Uang di Lembaga Keuangan Bukan Bank

Pertumbuhan dan persaingan di dunia ekonomi tumbuh semakin pesat. Pertumbuhan yang semakin pesat mempunyai dampak positif dan negatif. Positifnya tentu bagi pihak yang mempunyai modal banyak untuk usaha. Sedangkan negatifnya, jika tidak memiliki modal maka akan kalah saing.


Nah, mayoritas masyarakat menggunakan cara meminjam uang untuk menambah modal mereka. Entah itu di bank, maupun di lembaga keuangan bukan bank. Tapi banyak sekali yang belum tau lho, apa aja sih yang tergolong lembaga keuangan bukan bank yang bersedia untuk memberikan pinjaman. Mari kita simak penjelasannya :

Jenis Lembaga Keuangan Bukan Bank yang Memberikan Pinjaman

Lembaga keuangan bukan bank atau yang disingkat LKBB tetap bisa dikatakan lembaga keuangan ya. Karena pada dasarnya sama-sama bergerak di bidang keuangan. Sistemnya pun juga tidak jauh berbeda dengan bank. Lalu, apa saja jenisnya ?

1. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam atau yang lebih dikenal dengan koperasi adalah sebuah lembaga yang bertugas untuk menghimpun dan menyalurkan dana anggotanya. Jadi jika anda ingin meminjam di salah satu koperasi terdekat maka anda harus jadi anggotanya terlebih dahulu.

Setelah menjadi anggota, bisa dengan mudah meminjam uang di koperasi yang anda ikuti.
Selain itu banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan.

2. Perusahaan Pembiayaan

Kedua adalah perusahaan pembiayaan. Perusahaan pembiayaan ini sangat banyak sekali macamnya. Nah, salah satu yang bisa menguntungkan bagi anda adalah pembiayaan konsumen. Yang mana, jika anda membuka usaha perusahaan pembiayaan bisa membantu dalam hal pengadaan barang.

Nah, anda bisa membayarnya dengan cara mencicil. Pastinya diberikan tenggang waktu tertentu. Apa saja sih yang masuk ke dalam perusahaan pembiayaan ? Contohnya adalah Sinarmas, Adira, Astra dan masih banyak lagi.

3. Pegadaian

Pasti anda sudah mengetahui bahwa pegadaian adalah salah satu lembaga yang bisa meminjamkan uang dengan syarat memberikan barang tertentu sebagai jaminan.

Lalu, sebenarnya apa sih syarat meminjam uang di lembaga keuangan bukan bank ? 


Syarat Meminjam di Lembaga Keuangan Bukan Bank 

Untuk meminjam uang di lembaga keuangan bukan bank bisa dikatakan syaratnya tidak terlalu ribet layaknya meminjam uang di bank. Kira-kira apa saja ya syaratnya :

1. Usia yang Cukup

Syarat yang pertama anda harus mempunyai usia yang cukup. Berapa batas usia untuk dapat meminjam ?beberapa lembaga ada yang mempunyai kebijakan minimal 18 tahun ada yang 21 tahun.

2. Mempunyai Batas Penghasilan

Jangan disangka jika meminjam bukan di bank, anda tidak diharuskan untuk berpenghasilan. Itu salah besar,memang tidak harus ada jaminan tetapi anda harus memiliki penghasilan perbulannya yang harus dibuktikan dengan slip gaji.

Jika dari perusahaan anda tidak mengeluarkan slip gaji atau anda seorang wirausaha maka
anda bisa meminta kelurahan untuk membuatkannya.

3. Mematuhi Limit Pinjaman

Meminjam di lembaga bukan bank ada limit pinjamannya lho. Yaitu berkisar antara 3 juta hingga 5 juta. Memang tidak sebanyak bank sih, tapi setidaknya anda mempunyai tambahan modal.

4. Warga Negara Indonesia

Nah, ini yang paling terpenting. Anda baru bisa meminjam dengan syarat anda adalah warga negara Indonesia asli. Anda pasti akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas untuk memberikan bukti bahwa anda adalah warga negara indonesia asli.

Nah, bagaimana anda sudah memahaminya kan ? persiapakan dokumen dan jangan khawatir akan bangkrut. Karena lembaga keuangan bukan bank bisa menjadi alternatif jika anda tidak ingin meminjam di bank. Sumber Duwitmu.