Panduan Untuk Memahami Domain dan Web Hosting

Panduan Untuk Memahami Domain dan Web Hosting - Saya memiliki beberapa orang yang berhubungan dengan saya belakangan ini yang telah menjadi tuan rumah pindah. Mereka telah dimanjakan oleh istilah teknis, jargon dan akronim yang digunakan dalam dunia web hosting. Jadi saya telah menyusun panduan tentang beberapa terminologi yang digunakan. Tujuan saya adalah membantu Anda memahami domain dan hosting web dengan lebih baik.
Domain dan Web Hosting
Jika seorang geek hosting menyebutkan sesuatu yang kedengarannya seperti bahasa Yunani, saya sudah mencoba memasukkannya ke dalam Bahasa Indonesia. Untuk memahami Domain dan Web Hosting lebih lanjut baca terus panduan ini dan kunjungi juga situs kami untuk melihat informasi menarik. Panduan ini akan menjadi saran untuk Anda dalam penambahan dan perubahan yang dipersilahkan.

Record

Sebuah ddress record adalah catatan dari alamat IP dari komputer hosting domain.

Bandwidth

Jumlah maksimum data yang dapat ditransfer dari situs web ke pengunjung situs dalam waktu tertentu. Beberapa host dikatakan menawarkan bandwidth tidak terbatas, yang tidak sepenuhnya benar.

CHMOD

CHMOD merupakan sebuah perintah yang di tujukan kepada user dan pemilik atau non user untuk mendapatkan hak akses atau permission.

Dengan kata lain, instruksi ini sangatlah penting untuk melindungi dan memberikan keamanan kepada database sebuah situs atau data dari serangan hacker.

Panel Kontrol

Antarmuka pengguna yang disediakan oleh host web untuk mengelola situs web Anda. Setiap host web memiliki implementasi sendiri dari panel kontrol. cPanel adalah tipe yang populer.

Panel kontrol biasanya berisi manajer file, alat konfigurasi FTP, manajer basis data, dan manajemen DNS. Ini memungkinkan Anda menginstal WordPress dan perangkat lunak lain.

Nama Domain

Alamat web yang digunakan oleh orang-orang untuk menemukan situs web Anda. www.google.com adalah nama domain. Google adalah nama perusahaan atau organisasi dan bagian terakhir .com adalah jenis domainnya.

Nama domain dibeli melalui pendaftar domain. Mereka dapat didaftarkan dari 1-10 tahun sebelum mereka jatuh tempo. Nama domain yang kedaluwarsa dapat ditawarkan untuk dijual kembali.

Hal Lain yang Perlu Kalian Ketahui tentang Domain dan Web Hosting

DNS - Domain Name Sistem atau Sistem Nama Domain

Domain Name System. Database informasi raksasa di semua situs web yang dapat diakses publik. DNS menerjemahkan alamat IP menjadi nama domain dan nama domain menjadi alamat IP. Jika kami tidak memiliki DNS, kami harus mengingat alamat IP dari setiap situs web yang kami kunjungi.

Jauh lebih mudah bagi manusia untuk mengingat nama domain daripada alamat IP yang bisa dibaca mesin. Pikirkan DNS seperti kamus bahasa asing. Anda dapat mencari kata bahasa Inggris dalam bahasa Spanyol, dan kata bahasa Spanyol dalam bahasa Inggris.

Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan nama domain Anda, Anda bisa mengunjungi situs Domain Murah. Di sana telah menyediakan pendaftaran nama domain dengan harga yang terjangkau juga berbagai pilih ekstensi dapat Anda perbarui dengan blogger atau media sosial lainnya.

Baca juga : Memilih Jasa Pengembangan Aplikasi Android Terbaik untuk Bisnis Online itu Penting!

Propagasi Domain Name System

Ketika perubahan DNS dilakukan, ada waktu propagasi DNS 24-48 jam. Ini berarti bahwa dibutuhkan 24-48 jam untuk memberi tahu semua server DNS di seluruh dunia tentang perubahan tersebut.

Cukup sekian pembahasan kali ini saya buat. Nah, jadi itu beberapa pembahasan yang perlu kalian pahami mengenai Domain dan Web Hosting. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, terimakasih.