Menjaga agar sepatu kesayangan tidak pudar


Sepatu merupakan benda yang tak bisa lepas dari setiap individu setiap harinya, selain fungsinya sebagai alas kaki sepatu juga digunankan untuk menambah nilai fashion seseorang karena beragamnya model sepatu di pasaran. Salah satu jenis sepatu yang banyak diminati oleh kalangan remaja ialah jenis sepatu sneakers atau sepatu sporty karena jenis seppatu ini cocok digunakan hampir di segala suasana, jenis sepatu sneakers akan dengan mudah ditemukan di sekolah, kampus, hingga kadang di kantor. 


Jenis sepatu ini akan membuat penggunanya tampak santai namun juga kadang terlihat kasual jika dipadukan dengan pakaian yang kasual, hal ini lah salah satunya yang menjadikan jenis sepatu ini banyak diminati oleh banyak kalangan. Tak hanya oleh para pria, sepatu ini juga banyak diminati oleh para wanita karena banyak juga jenis sepatu ini yang memiliki warna yang akan cocok digunakan oleh para wanita. 

Namun, banyak yang menyayangkan ketahanan dari warna sepatu yang mereka gunakan karena akan dengan mudah pudar sehingga akan terlihat kurang menarik, padahal biasanya pudarnya sepatu yang digunakan juga disebabkan karena pemakaian dan perawatan yang kurang baik. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga sepatu agar warnanya tetap cerah dan tahan pudar? Ini dia tipsnya
1.      
Usahakan tidak sering terkena air
Jika sedang musim hujan, berhati-hatilah dan jaga sepatu agar tidak terlalu sering kontak dengan air agar menjaga warnanya tetap cerah. Hal ini juga berlaku pada saat pencucian, usahakan sepatu tidak dicuci terlalu sering.
2.       
Hati-hati saat pencucian
Jika kamu terpaksa harus mencuci sepatu kesayanganmu, cuci lah dengan berhati-hati misalnya dalam hal pemilihan sabun, gunakan sabun yang lembut yang dikhususkan untuk pencucian sepatu, jika kamu tidak memiliki sabun khusus mencuci sepatu kamu lebih baik menggunakan sabun pencuci piring dibandingkan sabun detergen karena sabun pencuci piring mengangkat kotoran lebih lembut dibandingkan dengan detergen, setelah selesai mencuci usahakan tidak menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung karena akan menyebabkan warna sepatu cepat pudar. Jika kamu tidak yakin dapat mencuci sepatu dengan bennar kamu bisa menggunakan jasa laundry sepatu yang dapat menangani sepatumu lebih tepat.
3.      
Hindari penggunaan mesin cuci
Walaupun akan lebih praktis dan efisien waktu saat mencuci menggunakan smesin cuci, namun kamu harus meluangkan sedikit waktu saat mencuci sepatu karena akan lebih baik mencucinya secara manual, karena mencuci sepatu menggunakan mesin cuci dikhawatirkan akan merusak struktur sepatu hingga merobek jahitannya.
4.       
Pelatakkan sepatu
Saat meletakkan sepatu, usahakan sepatu diletakkan di tempat yang tidak terkena debu berlebih terutama sinar matahari langsung, jika kamu menggunakan rak sepatu  usahakan rak sepatu  diletakkan di ruangan tertutup dan hindari penumpukan sepatu, akan lebih baik kamu menggunakan lemari khusus sepatu yang dapat menyimpan sepatu terpisah dari sepatu lain sehingga tidak tercampur. 

Gunakan juga silica gel untuk menghindari sepatu dari lembab saat diletakkan.
Itu dia beberapa tips agar menjaga sepatumu dari pudar sehingga akan tetap kece saat digunakan walau sudah bertahun-tahun, jika sepatu kamu terlanjur pudar jangan khawatir karena kini sudah ada jasa repaint atau pengecatan sepatu yang sudah terlihat pudar sehingga akan terlihat baru dan warnanya fresh dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menemukannya di jasa penyedia laundry sepatu di kotamu.