Cara Melamar Kerja yang baik dan Pasti Diterima

Cara Melamar Kerja yang baik dan Pasti Diterima - Cara melamar pekerjaan di luar bidang kamu pasti jadi tantangan tersendiri bagi yang emang gak punya keahlian di luar pekerjaan yang sudah kamu jalani saat ini. Bisa jadi kamu merasa sulit saat interview nanti karena gak ada skill bahkan pengetahuan di bidang tersebut. Padahal kalau ditelisik lagi saat kamu dulu baru lulus, kamu juga gak punya skill mumpuni di pekerjaan yang kamu lamar, iya bukan?



Jadi, jangan pernah merasa gak percaya diri dulu kalau kamu pengin putar haluan. Kamu bisa kok melamar pekerjaan di luar bidang dan bahkan siapa tahu sukses diterima di tempat pekerjaan baru kamu yang baru ini. Gimana cara melamar pekerjaan di luar bidang kamu? Yuk, simak tips berikut ini yang sudah dirangkum oleh artikel berikut ini:

1. Benahi surat lamaran dan CV kamu


Meskipun kamu gak punya pengalaman di bidang pekerjaan yang bakal dilamar, seenggaknya kamu bikin CV yang menarik. Termasuk pula cover letter alias surat lamaran yang bisa menarik perhatian HRD di tempat pekerjaan baru kamu ini. Jadi, sekarang coba benahi CV dan surat lamaran kamu semenarik mungkin. Kamu bisa sedikit menyebutkan kemampuan kamu yang paling berdekatan dengan bidang pekerjaan tersebut.

2. Jangan menjawab dengan kata “belum”


Saat dipanggil wawancara dan kamu dihadapkan dengan pertanyaan “pernah tidak?”, jangan langsung jawab “belum”. Menjawab dengan kata “belum” cuma bakal menghentikan percakapan kamu dan si pewawancara. Bakal lebih baik buat kamu jawab dengan pengalaman yang masih berkaitan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar.

Jadi, walau kamu belum pernah menangani problem di bidang pekerjaan tersebut. Namun, kamu menunjukkan bahwa setidaknya pernah menangani situasi yang hampir mirip. Untuk para pencari kerja Anda bisa mengunjungi surat lamaran kerja untuk membuat surat lamaran yang benar.

3. Kasih contoh keberhasilan kamu


Gak ada salahnya buat kasih contoh keberhasilan kamu di pekerjaan sebelum-sebelumnya kok. Meskipun keberhasilan tersebut bukan contoh kasus di bidang pekerjaan yang dilamar ini namun seenggaknya mirip dan dapat menarik perhatian si pewancara. Yap! Kamu bisa kasih contoh kasus yang masih mirip dan paling berkaitan dengan pekerjaan yang lagi kamu lamar ini.

4. Tunjukkan soft-skill kamu


Ini yang kadang dilupakan seseorang saat pengin tahu cara melamar pekerjaan di luar bidangnya. Kamu gak harus selalu tunjukin hard-skill kamu, lho. Justru kadang user tertarik pada soft-skill yang kamu miliki. Kenapa gitu? Ada user yang merasa bahwa yang penting si pelamar sebenarnya mau belajar.

Hard-skill bisa dipelajari namun soft-skill bisa dibilang sifat bawaan seseorang. Jadi, pas interview, gak ada salahnya kamu tunjukin soft-skill kamu. Misalnya, gimana kamu berinteraksi dan menangani masalah dengan sesama karyawan atau pada atasan. Kemudian, karakteristik kamu yang selalu pengin belajar hal baru, dan sebagainya.

5. Hindari bicara terlalu banyak


Baik sebagai cara melamar pekerjaan di luar bidang maupun di bidang yang sama, aturan ini adalah paling penting. Saat wawancara, hindari bicara terlalu banyak apalagi ngalor-ngidul. Khususnya buat kamu yang sedang melamar pekerjaan di luar bidang kamu, benar-benar harus jaga kata-kata. Selain itu, coba Anda kunjungi juga dan klik lambang pancasila ini.

Sebab, makin banyak kamu bicara maka makin banyak ketidaktahuan kamu yang terbongkar. Buat kamu yang pengin pindah ke bidang lain dari pekerjaan sekarang, yuk beranikan diri aja! Yang terpenting adalah kamu emang benar-benar pengin belajar hal baru plus merasa bahwa bidang tersebut passion kamu.

Tips dan cara melamar pekerjaan di luar bidang kamu sekarang yang udah disebutkan, bisa banget kamu terapkan! Gak ada salahnya kok bagi kamu pengin mencoba bidang yang baru buat menambah ilmu. Ketika kamu berhasil meduduki posisi yang diinginkan jangan lupa buat selalu bekerja keras dan selalu pengin belajar hal baru. Kalau kamu berhasil menduduki posisi yang diinginkan dan sukses mau gak mau semua keinginan kamu mengalir dan berjalan bersamaan. Silahkan mencoba ya!