Tips Mudah Mendidik Anak Agar Mandiri dan Tidak Manja

Tips Mudah Mendidik Anak Agar Mandiri dan Tidak Manja - Memang tidak ada buku panduan untuk menjadi orang tua yang sempurna, tetapi ada banyak cara untuk mendidik anak agar menjadi pribadi yang baik.



Orang tua mana yang tidak ingin anaknya jadi sosok yang punya pribadi baik, mandiri dan tidak manja? Semua pasti mau, kan? Nah, kami akan mambahas cara yang bisa Anda ikuti artikel terbaru ini untuk melatih cara mendidik anak Anda lebih mandiri lagi.

1. Jangan takut bilang 'tidak'

Hentikan kebiasaan gratifikasi atau memberikan sesuatu saat anak berbuat baik. Nanti dia kebiasan untuk melakukan sesuatu kalau ada maunya saja. Anda juga bisa belajar bilang 'tidak' atau menolak apa yang diminta anak, meski Anda bisa memberikannya dengan mudah.

2. Ajarkan berterima kasih

Ajarkan anak untuk selalu berterima kasih atas apa yang diberikan atau dilakukan oleh orang lain untuknya. Ajarkan juga anak agar terbiasa melakukan kontak mata saat berbicara dengan orang lain dan menjabat tangan orang lain sebagai salah satu salam atau cara ucapkan terima kasih.

3. Rutin berdonasi

Sumbangkan pakaian keluarga dan mainan anak yang sudah tidak lagi dipakai kepada siapa saja yang membutuhkan, tidak hanya keluarga atau tetangga Anda. Pastikan anak juga ikut berpartisipasi dalam persiapan dan proses pemberiannya. Selain itu, disni Anda juga bisa mengunjungi melatih kemandirian anak ini.

4. Jangan beli banyak barang sekaligus

Walau Anda mampu membeli 3-4 mainan dalam sekali waktu, bukan berarti Anda harus melakukannya, kan? Beli saja satu mainan yang paling diinginkan anak dan biarkan dia menghargai dan menjaga mainannya itu. Ini salah satu kunci membesarkan anak yang tidak manja dan mandiri.

5. Biarkan anak merasakan aneka perasaan

Bagikan kisah Anda saat mengalamni banyak kesulitan. Dari situ dia akan belajar bahwa hidup itu berat dan tidak selalu adil. Selain itu, jangan terlalu melindungi anak dari kekecewaan. Anda harus benar-benar memahami dan percaya bahwa gagal dan jatuh adalah bagian dari perkembangan anak yang sukses. Namun, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk membantunya.

6. Bicarakan cara didik Anda dengan keluarga

Anda dan pasangan sudah setuju untuk mendidik anak agar lebih mandiri, tetapi tidak semua keluarga atau orang terdekat Anda tahu itu. Bicarakan dengan mereka supaya mengikuti cara didik Anda. Minta keluarga untuk memanjakan anak dengan cinta, waktu, kasih sayang, dan perhatian, bukan mainan, hadiah, atau uang.

7. Ajarkan anak tentang nilai uang

Mintalah anak Anda mengelola uang jajannya dengan menabung, memberi untuk amal atau orang lain, dan kemudian membelanjakannya untuk barang yang mereka inginkan. Jika Anda melakukan ini sejak usia dini, maka Anda sudah menetapkan dasar pengelolaan uang yang bertanggung jawab pada anak dengan benar.