Kata Baku dan Tidak Baku


Sebagai seorang yang pernah mengenyam bangku sekolah baik itu tingkat sekolah dasar, menengah, maupun perguruan tinggi pasti pernah mendengar istilah kata baku dan tidak baku. Biasanya pembahasan mengenai kedua topic tersebut lebih banyak tertuang di dalam bahasa Indonesia. Lalu, apakah kamu sudah benar-benar paham apa yang dimaksud dengan kata baku dan tidak baku?

Kata Baku dan Tidak Baku

Apabila belum, tenang saja kami akan berikan ulasan lengkap mengenai kata baku dan tidak baku baik dalam hal pengertian dan contohnya. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita beranjak langsung ke pembahasannya berikut ini.

Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku

Kata baku adalah sebuah kata yang telah memenuhi kaidah atau pedoman bahasa Indonesia yang telah ditentukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Karena sudah memenuhi persyaratan, biasanya kata baku ini digunakan dalam acara yang formil atau surat atau dokumen resmi yang penting. Baca Juga mengenai Fungsi Aquadest dan Manfaatnya dalam praktikum.
Sedangkan untuk kata tidak baku merupakan kebalikan dari kata baku yaitu sebuah kata yang tidak berada di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kata tidak baku lebih bersifat sederhana dan tidak resmi. Kata tidak baku ini biasanya digunakan sebagai bahasa sehari-hari yang digunakan semua orang untuk berkomunikasi baik itu keluarga, sahabat, rekan kantor, dll.

Contoh Kata Tidak Baku dan Tidak Baku

Contoh Kata Baku:
·         Adab yang artinya sopan santun
·         Accu yang artinya alat untuk menghimpun tenaga listrik
·         Abrasi yang artinya tidak wajar atau penyimpangan
Contoh Kalimatnya:
1.       Pada hari ini saya akan melakukan perjalanan dinas ke Kota Semarang
2.       Penjualan bulan November 2019 mengalami kenaikan yang cukup signifikan
3.       Negeri kita Indonesia di awal tahun ini sedang mengalami bencana besar yaitu banjir
Contoh kata tidak baku:
·         Balsem yang artinya minyak panas untuk digosok ke kulit
·         Bandrol yang artinya pita cuka
Contoh kalimatnya:
1.       Saya pergi ke sekolah menggunakan transportasi bis
2.       Ihsan adalah anak yang aktip di kelas, makanya ia menjadi juara kelas tahun ini

Demikian ulasan lengkap mengenai kata baku dan tidak baku baik dalam hal pengertian mapun contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.