Mengulas Tentang Obat Tumor Mata dan Jenisnya



 Tumor mata dapat terjadi karena faktor usia dan kulit putih memiliki resiko tinggi dibandingkan kulit hitam, seseorang dengan pigmen ekstra sekitar mata akan memiliki resiko tinggi dan keturunan tumor mata. Untuk melakukan diagnosa dapat melakukannya dengan tes genetik, pengambilan jaringan kulit, pemeriksaan mata dan tes gambar. Obat tumor mata yang dapat dijalani dengan tindakan medis sembari menyeimbangkannya dengan makanan kesehatan untuk mata.



Berikut adalah jenis tumor mata diantaranya:

  • Hemangiona koroid merupakan tumor jinak yang terjadi karena tumbuhnya pembuluh darah abnormal, terjadi di bagian mata, ciri-cirinya adalah mata menjadi bengkak, merah, terasa panas dan gatal, mengalami benjolan yang tidak memberi sakit pada mata serta mengalami gangguan penglihatan.
  • Melanoma merupakan tumor ganas yang dapat dialami orang dewasa, tumor ini menyerang beberapa bagian mata seperti kelopak mata, iris dan koroid, jika dilihat dari luar bentuk mata penderita terlihat normal. Tahap awal menunjukkan mata sulit mengetahui keberadaannya, namun pada tingkat bahaya membuat penderita kehilangan cara penglihatannya dan membuat bentuk pupilnya berubah-ubah.
  • Retinoblastoma merupakan tumor ganas yang berada di retina dan rentan menyerang anak-anak. Tumor ini cukup agresif sehingga perlu penanganan saat diketahui sejak awal, dapat terjadi pada salah satu atau kedua bola mata, penderita dapat melihat adanya warna putih pada bagian pupil ketika disinari oleh cahaya. Kondisi normal menunjukkan pupil menjadi merah dan gejalanya seperti mata bengkak dan gerakan mata ke kiri dan kanan tidak selaras.
Selain diatas, dapat juga terjadi pada adneksa mata dan orbita. Kanker kelopak mata yang merupakan jenis kanker kulir dan menjadi karsinoma sel skuamosa dan basal. Kanker orbita yang terjadi di otot penggerak bola mata serta jaringan ikat yang berada sekitar bola mata. Melanoma konjungtiva yang merupakan membran pelapis kelopak mata dan adanya tumor pada kelenjar air mata.

Gejala yang diberikan adalah jangkauan pada lapang pandang, melihat kilatan cahaya, melihat benda seperti bintik-bintik, beterbangan maupun garis-garis, mengalami gangguan penglihatan dan terdapat bintik pada iris. Beberapa jenis tumor mata tidak menunjukkan gejala dan dapat dideteksi pertama kali ketika melakukan pemeriksaan mata. Untuk gejala khusus pada kejadian retinoblastoma yaitu penglihatan tidak baik, mata juling, berubahnya warna iris mata, mata menjadi merah serta mengalami peradangan dan munculnya refleksi warna putih di pupil mata saat berada di ruang gelap seperti reaksi berada di ruang foto merah.

Berikut adalah makanan untuk kesehatan mata:

  • Jeruk yang memiliki kandungan vitamin C sehingga akan membantu mata dan pembuluh darah tetap sehat dan mengatasi makula yang menyebabkan penglihatan berkurang.
  • Buah naga yang membantu dalam melindungi bagian kornea mata.
  • Srikaya yang memiliki vitamin B dan C serta kalium yang mengurangi kelebihan cairan dibagian bawah kulit penyebab mata menjadi bengkak.
  • Manggis dengan vitamin V yang dapat degenerasi makula untuk wanita.
  • Nangka yang menjadi diet vitamin C dan mengurangi terjadinya resiko katarak.
  • Paprika merah yang baik untuk pembuluh darah mata dan memberikan kandungan vitamin A dan E untuk mata sehat.
Obat tumor mata dengan brakiterapi dengan memasukan pelat kurang kecil sehingga akan meminimalkan kerusakan dan digunakan mengobati melanoba dan retinoblastoma. Radioterapi eksternal dengan sinar X yang ditembakkan dan terfokus pada mata untuk limfoma walaupun memiliki resiko merusakkan jaringan sehat lain. Terapi laser untuk menghancurkan jaringan dan cara ini tidak disarankan untuk penderita limfoma.