Pengaruh Game Komputer Online pada Prestasi Akademik Mahasiswa

Pengaruh Game Komputer Online pada Prestasi Akademik Mahasiswa-Kemajuan teknologi telah memberikan lembaga pendidikan kemampuan untuk mengeksplorasi berbagai strategi pengajaran online seperti game komputer di kelas.
Game Komputer


Meskipun permainan dapat digunakan untuk melibatkan berbagai gaya dan perilaku belajar, platform ini terutama dipraktikkan di tingkat kelas pendidikan menengah dengan siswa berusia tradisional. Dari Informasi Terkini, ada sedikit literatur penelitian yang mengeksplorasi pengaruh pembelajaran berbasis game komputer pada prestasi akademik mahasiswa.

Banyak pemimpin perguruan tinggi dan universitas AS perlu membangun cara untuk melibatkan dan mempertahankan siswa non-tradisional yang merupakan 75% dari pendaftaran siswa. Selama pemerintahan Obama, AS terikat untuk posisi ke-12 dengan 39% orang dewasa memiliki minimum gelar associate. Apabila Anda terdapat kesulitan, maka Anda dapat merancang versi untuk penggunaan di komputer Anda, dengan mengunjungi situs domino QQ online

Pembelajaran berbasis game komputer, ketika diselaraskan dengan tujuan pembelajaran dari suatu kursus atau kurikulum telah terbukti memberikan pengalaman pembelajaran aplikasi aplikasi yang langsung, interaktif, dan nyata. Peserta didik dilibatkan melalui ranah kognitif, psikomotor dan afektif yang meningkatkan peluang untuk retensi, kegigihan, dan kelulusan.

Jika Amerika Serikat sekali lagi memimpin seluruh dunia dalam pencapaian gelar perguruan tinggi, tingkat persentase lulusan perguruan tinggi yang berhasil perlu dinaikkan menjadi 56% pada tahun 2020. Meskipun 75% pelajar atau dewasa mendaftar di sebuah perguruan tinggi di Amerika Serikat, hanya 33,7% menyelesaikan perguruan tinggi dengan gelar atau sertifikat.

Departemen Pendidikan AS mendefinisikan siswa sebagai pelajar di atas usia 24 yang tidak hanya menyeimbangkan pekerjaan, kehidupan, dan keluarga tetapi juga kembali ke sekolah setelah berhenti dalam pengejaran pendidikan. Sebuah studi terhadap 4,5 juta siswa non-pertama kali yang dilakukan oleh National Student Clearinghouse Research Center melaporkan hanya sepertiga dari siswa nontradisional menyelesaikan kuliah dibandingkan dengan 60,7% dari pelajar tradisional.

Apakah Pengaruh Game Komputer Online pada Prestasi Akademik Mahasiswa?


Menemukan strategi instruksional yang melibatkan, memotivasi, dan mempertahankan pembelajar nontradisional tidak hanya penting bagi keberhasilan akademik populasi siswa ini, tetapi juga pada pengembangan bakat tenaga kerja yang berkelanjutan di Amerika Serikat.

Pembelajaran berbasis game komputer adalah metode pembelajaran yang telah menunjukkan harapan dalam pendidikan dan pembelajaran orang dewasa. Pembelajaran berbasis game komputer menggabungkan konten pendidikan dengan penggunaan video game. Game komputer secara eksplisit dirancang untuk tujuan pendidikan dan memiliki kemampuan untuk melibatkan beragam gaya dan perilaku belajar.

Pembelajaran dapat terjadi di lingkungan formal dan informal, satu-satu atau dalam kelompok. Pembelajaran berbasis permainan telah terbukti meningkatkan berbagai kemampuan yang berkaitan dengan kognisi seperti persepsi, penalaran, berpikir kritis, navigasi spasial, dan retensi memori.

Sayangnya, penelitian empiris saat ini dilakukan pada pembelajaran berbasis game digital terutama berfokus pada remaja. Meskipun beberapa penelitian meneliti keefektifan penggunaan pembelajaran berbasis game digital pada mahasiswa tradisional, sejumlah studi terbatas didedikasikan untuk mengeksplorasi pengaruh pembelajaran berbasis game digital pada mahasiswa non-tradisional sarjana.

Baca Juga : http://erwin134.student.unidar.ac.id/2020/03/pengaruh-memainkan-video-game-pada.html

Integrasi permainan digital dalam lingkungan pendidikan telah menunjukkan hasil positif dalam meningkatkan proses pembelajaran. Dirancang secara strategis dan terintegrasi, game digital memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas akademik dan pembelajaran.

Tinjauan literatur pelingkupan ini meneliti penelitian tentang pembelajaran berbasis game digital untuk siswa non-tradisional yang terdaftar dalam pendidikan postsecondary dan implikasinya dapat dimiliki game komputer pada pencapaian dan hasil pembelajaran.