Tips Memilih Asuransi Jiwa Terbaik di Indonesia dan Manfaatnya untuk Keluarga



Salah satu produk asuransi yang paling populer di Indonesia adalah asuransi jiwa. Bahkan dahulu di awal mula munculnya asuransi di Indonesia, hanya ada jenis asuransi ini saja untuk memberikan perlindungan finansial. Kini asuransi jiwa dimanfaatkan untuk memberikan warisan berharga kepada keluarga khususnya anak-anak jika pemegang polis yang umumnya adalah tulang punggung keluarga meninggal dunia. Selain dapat dibeli sendiri, asuransi jiwa juga kerap dijadikan fasilitas untuk karyawan maupun pengguna jasa transportasi umum. Di Indonesia sendiri, hampir semua perusahaan asuransi memiliki jenis asuransi ini. Lalu bagaimana cara memilih asuransi jiwa terbaik diIndonesiauntuk Anda gunakan? Berikut ini adalah tipsnya dan manfaat asuransi jiwa untuk keluarga Anda.



Agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari kepemilikan asuransi jiwa, berikut ini adalah tips yang bisa Anda praktekkan:

  1. Uang pertanggungan.
Dalam memilih asuransi jiwa, point yang paling penting adalah nominal uang pertanggungan yang dapat diberikan pihak asuransi kepada keluarga yang ditinggalkan. Bukankah memang itu tujuan dari memiliki asuransi jiwa, agar keluarga memiliki warisan yang berguna untuk menggantikan penghasilan tulang punggung keluarga yang meninggal dunia? Karenanya, semakin besar uang pertanggungan akan semakin baik dengan artian keluarga akan memiliki banyak simpanan untuk bisa digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga jangka waktu cukup lama, membiayai sekolah anak hingga tuntas, melunasi hutang-hutang yang masih ada agar tak ada barang yang disita, hingga membuka usaha. Untuk mendapatkan uang pertanggungan yang besar, Anda perlu memilih jenis asuransi murni tanpa manfaat investasi. Nominal preminya juga lebih rendah namun dengan catatan bahwa uang pertanggungan tidak akan bertambah seperti asuransi investasi jika di akhir masa perlindungan pemegang asuransi masih dalam keadaan baik-baik saja.

  1. Investasi atau manfaat perlindungan keluarga.
Tips yang kedua adalah menentukan apakah Anda ingin membeli asuransi jiwa murni atau asuransi jiwa unit link. Asuransi jika murni tidak memiliki nilai investasi dan tidak bisa dicairkan di waktu-waktu tertentu. Asuransi ini hanya bisa cair atau diklaim pada masa akhir pertanggungan atau saat terjadi kondisi yang dilindungi seperti meninggal dan cacat permanen pada pemegang polis. Sedangkan asuransi unit link dapat dibatalkan kapan saja dan sebagian uang premi akan kembali bahkan dengan tambahan nilai investasi. Namun kekurangannya adalah uang pertanggungan yang relatif kecil atau setidaknya lebih kecil dibandingkan dengan uang pertanggungan dari investasi murni. Anda perlu memikirkan tujuan memiliki asuransi jiwa ini agar dapat memilih yang terbaik sesuai kebutuhan.

  1. Perusahaan asuransi.
Tips berikutnya adalah memilih perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya karena diharapkan Anda akan bekerja sama dengan perusahaan asuransi tersebut dalam waktu yang lama. Saat terjadi klaim pun, yang melakukan klaim adalah keluarga sehingga pasti Anda akan berharap keluarga Anda dilayani dengan baik untuk mendapatkan hak mereka yang selama ini Anda perjuangkan melalui pembayaran premi. Perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya akan memberikan hak keluarga Anda tanpa menyulitkan mereka sehingga pastikan Anda hanya memilih yang terbaik.

  1. Premi.
Nominal premi akan disesuaikan dengan besaran uang pertanggungan yang diharapkan dan lama atau durasi pembayaran yang dilakukan. Karenanya asuransi jiwa semakin murah jika Anda memulainya sejak dini misalnya sejak menikah. Anda juga bisa memilih asuransi jiwa yang menyediakan beberapa pilihan pembayaran premi misalnya bulanan, triwulanan, semesteran ataupun tahunan. Beberapa perusahaan asuransi juga bisa memberikan diskon 2 bulan premi jika Anda memilih untuk membayar premi satu tahun sekaligus di awal.

  1. Cara klaim.
Yang tak kalah penting adalah memilih asuransi dari cara klaim yang diterima. Pilihlah perusahaan asuransi yang memberikan tata cara klaim mudah dan sederhana sehingga tidak menyulitkan keluarga Anda.

Dengan memilih asuransi jiwa terbaik di Indonesia sesuai dengan tips di atas, Anda akan memiliki sebuah perlindungan diri untuk nantinya diberikan kepada keluarga. Dengan adanya uang pertanggungan, keluarga dapat meneruskan kehidupannya dengan baik terutama bagi anak-anak yang masih kecil dan belum bisa mandiri. Tunggu apalagi, jangan tunggu lama untuk memberikan perlindungan finansial bagi keluarga sebagai wujud rasa cinta Anda pada mereka dengan asuransi jiwa.