Pantai Karang Tawulan: Daya Tarik, Jam Buka, Fasilitas


Pantai Karang Tawulan adalah salah satu tempat wisata di Tasikmalaya, pantai ini terletak di Desa Cimanuk, Kec. Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Jarak antara pantai Karang Tawulan dengan pusat kota tasikmalaya yaitu sekitar 90 km, sedangkan jarak dari pangandaran sekitar 60 kilometer.

Pantai Karang Tawulan memang tidak setenar pantai lain seperti pantai Sindangkerta dan Cipatujah, Akan tetapi keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai pantai lain di Tasikmalaya.

Daya Tarik



Pantai Karang Tawulan menawarkan panorama alam yang begitu luar biasa. Daya tarik utama pantai ini yaitu bentuk tebing yang sedikit menjorok ke arah laut dengan sedikit pasir putih yang bersembunyi di kiri dan kanan tebing.

Ombak yang ada di pantai ini tidaklah terlalu besar sehingga pengunjung diperbolehkan untuk berenang, meskipun bergitu kamu harus selalu waspada, karena wilayah pantai selatan selalu memberikan kejutan.

Dari pantai ini kamu dapat melihat sebuah pulau kecil yang diberi nama Pulau Nusa Manuk. Nama tersebut dipilih dikarenakan  pulau Nusa Manuk merupakan tempat tinggal berbagai macam burung, baik itu burung camar atau burung - burung lain.

Jika kamu datang disore hari kamu dapat melihat indahnya golden sunset dari pantai ini. Sunset di pantai Karang Tawulan cukup menarik, dimana cahaya jingga yang menyinari karang karang yang timbul akan terlihat sangat eksotis.

Dengan keindahan alam yang ditawarkan maka tidak heran jika pantai Karang Tawulan mulai dikunjungi banyak wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun mancaneagara.

Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap. Fasilitas seperti toilet, mushola, area parikir sudah tersedia di sekitar lokasi. Jika kamu merasa lapar kamu juga dapat membeli aneka makanan yang diperjualbelikan di sekitar area.

Selain itu di pantai yang satu ini juga sudah tersedia gardu pandang dan beberapa gazebo yang dapat kamu manfaatkan untuk menikmati keindahaan pantai. Pengunjung yang datang kesini biasanya pergi untuk camping dimana bagian area atas pantai sering digunakan oleh pengunjung untuk camping.

Untuk fasilitas penginapan belum tersedia di pantai ini, namun kamu dapat menginap di penginapan yang berada di jalur selatan yang tidak jauh dari pantai Karang Tawulan.

Jika kamu datang ke sini, kami menyarankan untuk membawa kamera dan mengisi baterainya terlebih dahulu, dimana pasti kamu akan banyak mengambil gambar di tempat ini.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk



Jam operasional pantai  Karang Tawulan yaitu selama 24 jam setiap harinya, jadi kamu dapat mengujungi pantai ini kapan saja sesukamu.

Sedangkan untuk harga tiket masuknya dapan dikatakan cukup murah, dimana pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 dengan biaya parkir yang cukup bervariasi yaitu Rp. 2.500 untuk roda dua dan Rp. 5.000 untuk roda empat. Namun harga tersebut dapat berubah kapan saja

Lokasi dan Rute



Jika kalian berminat mengunjungi pantai ini, lokasi dari pantai Karang Tawulan yaitu di Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalog, Tasikmalaya, jawa barat. Terdapat dua rute menuju lokasi pantai ini dari arah kota Bandung, yaitu dengan menyusuri Pantai Selatan atau Rute antar kota seperti biasa. Berikut penjelasannya.

1.        Menyusuri pantai selatan

Jika kamu memulai perjalanan dari arah bandung terdapat dua jalan alternative Via jalur selatan,
Bandung – Pangalengan – Pantai Rancabuaya Garut – Pantai Sentolo – Cipatujah – Karang Tawulan
Bandung – Ciwidey- Pantai Cidaun Cianjur – Pantai Rancabuaya Garut – Santolo – Cipatujah – Karang Tawulan

Untuk kodisi jalannya cukup bagus dan baik, hanya di dekat jembatan – jembatan besar yang jalannya kurang bagus dan bergelombang dan disepanjang jalan menuju lokasi jalur yang dilewati relative lurus.

2.        Rute antar kota

Sedikit berebeda dengan rute yang diatas. Untuk jalan yang satu ini kamu akan melewati kota kota biasa seperti pada umumnya. Terdapat berbagai jalur alternative yang bisa kamu gunakan untuk menuju lokasi dari kota Bandung

Bandung – Garut – Pameungpeuk – Cipatujah – Karang Tawulan
Bandung – Tasikmalaya – Singaparna – Cipatujah – Karang Tawulan
Bandung – Garut – Jl. Singaparna – Cipatujah – Karang Taawulan

Jika kalian menggunakan kendaraan umum, pada umumnya akan melewati jalur jalur tersebut

Fasilitas



Fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap dan nyaman untuk digunakan, berikut merupakan beberapa fasilitas yang ada di pantai Karang Tawulan

-          Area Parkir
-          Gazebo
-          Warung
-          Toilet
-          Mushola
-          Dll

Sedangkan untuk penginapan di pantai ini belum tersedia, akan tetapi pengunjung dapat menginap di penginapan kecil di sepanjang jalan pantai selatan atau di sekitar lokasi pantai.


Mungkin itu sedikit informasi yang kami kutip dari dolanbae, semoga inforamasi ini bermanfaat sekian terima kasih