Manfaat Video Game Bagi Pemain

Manfaat Positif Video Game Bagi Pemain - Banyak ilmuwan dan psikolog menemukan bahwa video game sebenarnya dapat memiliki banyak manfaat - yang utama adalah membuat anak-anak menjadi pintar. Video game sebenarnya dapat mengajarkan anak-anak keterampilan berpikir tingkat tinggi yang akan mereka butuhkan di masa depan.

Video Game
Mengembangkan keterampilan membaca dan matematika - Menurut informasi gamer muda membaca untuk mendapatkan instruksi, mengikuti alur cerita Video Game, dan mendapatkan informasi dari teks game. Juga, menggunakan keterampilan matematika adalah penting untuk menang dalam banyak permainan yang melibatkan analisis kuantitatif seperti mengelola sumber daya.

Ketekunan - Dalam level permainan yang lebih tinggi, pemain biasanya gagal saat pertama kali, tetapi ia terus mencoba sampai ia berhasil dan beralih ke level berikutnya. Pengenalan pola - Permainan memiliki logika internal di dalamnya, dan pemain mengetahuinya dengan mengenali pola. Penalaran induktif dan pengujian hipotesis.

Profesor pendidikan mengatakan bahwa bermain video game mirip dengan bekerja melalui masalah sains. Seperti siswa di laboratorium, gamer harus mengemukakan hipotesis. Misalnya, gamer harus terus-menerus mencoba kombinasi senjata dan kekuatan yang digunakan untuk mengalahkan musuh. Jika seseorang tidak berhasil, ia mengubah hipotesis dan mencoba yang berikutnya.

Video game adalah pengalaman yang didorong oleh tujuan, yang merupakan hal mendasar dalam pembelajaran. Pemetaan - Gamer menggunakan peta dalam game atau membuat peta di kepalanya untuk bernavigasi di sekitar dunia virtual. Memori - Memainkan permainan penembak orang pertama seperti seri Call of Duty dan Battlefield.

Game ini memungkinkan pemain menilai secara efektif informasi apa yang harus disimpan dalam memori kerjanya dan apa yang dapat dibuang dengan mempertimbangkan tugas yang ada, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan. Konsentrasi - Sebuah studi yang dilakukan mengungkapkan bahwa anak-anak dengan gangguan attention-deficit.

Apa Saja Manfaat Positif Video Game Bagi Pemain?


Gamer yang memainkan Dance Dance Revolution meningkatkan skor membaca mereka dengan membantu mereka berkonsentrasi. Peningkatan kemampuan untuk mengenali informasi visual dengan cepat dan akurat. Sebuah studi menemukan hubungan langsung antara keterampilan dalam permainan video dan keterampilan di lubang kunci, atau operasi laparoskopi.

Dokter yang menghabiskan setidaknya tiga jam seminggu bermain video game membuat kesalahan 37% lebih sedikit dalam operasi dan melakukan tugas 27% lebih cepat daripada ahli bedah non-game. Studi lain menemukan bahwa orang yang bermain video game secara teratur lebih baik dalam mendaftarkan data visual dan karenanya lebih cepat belajar visual.

Mereka juga lebih tahan terhadap gangguan persepsi, dan karena itu dapat belajar untuk jangka waktu yang lebih lama di lingkungan yang mengganggu. Kerja tim dan kerja sama saat dimainkan dengan orang lain - Banyak game multi pemain seperti Team Fortress 2 melibatkan kerja sama dengan pemain online lainnya untuk menang.

Permainan-permainan ini mendorong para pemain untuk memanfaatkan keterampilan individual mereka untuk berkontribusi pada tim.  Menurut survei, guru melaporkan bahwa siswa mereka menjadi kolaborator yang lebih baik setelah menggunakan game digital di kelas. Manajemen - Permainan simulasi manajemen. Jangan lupa kunjungi juga tautan dewabet118 ini.

Baca Juga : http://erwin134.student.unidar.ac.id/2020/06/panduan-persona-dalam-permainan-game.html

Seperti Rollercoaster Tycoon dan taipan Zoo mengajarkan pemain untuk membuat keputusan manajemen dan mengelola penggunaan sumber daya yang terbatas secara efektif.  Game lain seperti Age of Empires dan Civilization bahkan mensimulasikan pengelolaan jalannya peradaban.

Simulasi, keterampilan dunia nyata. Video Game simulasi yang paling terkenal adalah simulator penerbangan, yang mencoba untuk meniru kenyataan menerbangkan pesawat.