Cara Bijak Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja

Cara Bijak Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja- Persaingan yang ketat di lingkungan kerja sering kali menimbulkan pertengkaran antar rekan kerja. Sikap seperti ini sebenarnya adalah sesuatu yang lumrah dan sangat manusiawi dalam sebuah perusahaan. Persaingan kerja dapat memacu seseorang untuk melakukan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya dan berkontribusi lebih untuk memajukan perusahaan.

Menghadapi Persaingan

Di setiap dunia kerja selalu Menghadapi Persaingan, mulai dari individu hingga divisi. Sebagian besar pada artikel terbaru, persaingan juga tidak sehat, yang mempengaruhi produktivitas dan solidaritas perusahaan. Jika tidak segera diatasi, tentunya keadaan ini akan memperburuk suasana kerja dan ketahanan perusahaan.

Faktanya, menurut Business Journal, persaingan internal dapat menghancurkan bisnis lebih cepat daripada persaingan eksternal dengan pesaing. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera menghindari persaingan tidak sehat yang terjadi di dalam perusahaan. Sebagai karyawan dalam situasi itu.

Namun di sisi lain, persaingan kerja dapat memperburuk lingkungan kerja dengan memiliki tenggat waktu yang ketat atau harus mencapai standar target yang ditentukan. Berikut cara-cara untuk menghadapi persaingan tidak sehat antar divisi di tempat kerja, antara lain:

Miliki Sudut Pandang Positif

Motivator dan pembicara pada seminar pengembangan diri Andrie Wongso mengemukakan bahwa memang banyak orang yang memiliki segala cara dan memiliki tujuan negatif dalam setiap kompetisi. Sebagai individu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga cara pandang yang positif dan hati yang bersih.

Jika kedua hal ini dimiliki maka dapat dipastikan persaingan dapat dihindari. Mungkin pihak lain sedang keluar dari batas dan bersaing secara etis secara sehat, tetapi kita tidak harus mengikuti itu. Tetaplah melihat sesuatu dari sudut pandang positif. Apabila ada kesulitan pada artikel ini, maka Anda dapat mengunjungi  Kiat Mudah dan Murah.

Bagaimana Cara Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja?

Lebih Waspada

Jika Anda tahu bahwa seseorang ingin atau sengaja menjatuhkannya, ini akan membuat seseorang lebih waspada, memberi Anda dorongan untuk terus memaksimalkan potensi Anda. Hadapi hal tersebut dengan respon yang positif dan tanggapi dengan hati yang bersih agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Jadi, jika ada orang yang mencoba menjatuhkan kita, keadaan ini sebenarnya bisa digunakan untuk mengembangkan kualitas yang mereka miliki.

Membangun Kemampuan

Mengembangkan kemampuan yang Anda miliki perlahan akan menjauhkan diri Anda dari persaingan. Caranya adalah dengan mencari peluang baru dan menambah atau memunculkan potensi yang terpendam sehingga kemampuan dan kualitas jati diri berada di atas rata-rata. Jika kita memposisikan diri kita untuk menjadi rata-rata, persaingan akan semakin ketat.

Tunjukkan Etika Kerja

Banyak orang sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk dipromosikan. Namun dengan berbagai cara mereka berhasil mendapatkannya, sedangkan untuk kalian yang sudah bekerja keras tetap tidak mendapatkan promosi apapun. Andrie menegaskan, jangan sekali-kali melakukan hal seperti ini, terus tunjukkan etika kerja dan etika bergaul dengan pimpinan dan rekan kerja secara positif sambil terus meningkatkan kualitas atau kualitas kerja.

Baca Juga : http://erwin134.student.unidar.ac.id/2020/10/panduan-clash-of-sultans-membangun-kota.html

Layak Promosi

Sedangkan untuk menghindari persaingan yang tidak sehat antar rekan kerja, usahakan untuk menjadi seseorang yang memang pantas untuk dipromosikan (orang yang layak). Juga fokus pada pekerjaan yang telah dilakukan dan tunjukkan prestasi yang telah dibuat kepada pimpinan.

Sementara situasi menghadapi persaingan yang kurang sehat memang akan membuat kita merasa tidak produktif bahkan stres. Jangan khawatir, Anda tidak sendiri. Masih banyak karyawan lain yang pasti merasa resah ketika berada dalam situasi ini.