Merawat Burung LoveBird biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang



Dari sekian banyak tutorial yang dibutuhkan oleh pecinta burung, cara merawat burung lovebird yang paling banyak dicari. Tentunya agar burung yang mereka rawat dapat berdengung dan berderit panjang yang merupakan salah satu keunikan suara burung lovebird. Baca juga di https://omkicau.id untuk informasi burung kicau lainnya.

Apakah Anda yang memelihara burung dengan warna unik ini? Ingin tahu bagaimana cara perawatan harian agar burung bisa menjadi juara saat mengikuti perlombaan? Simak tips berikut ini.

Cara Merawat Burung LoveBird biar Gacor dan Ngekek Panjang

Sebenarnya jika dilihat secara keseluruhan, perawatan burung yang biasa dibudidayakan ini tidak jauh berbeda dengan burung lainnya. Satu-satunya perbedaan adalah pemberian makan dan beberapa perlakuan lainnya. Untuk lebih jelasnya, pertimbangkan yang berikut ini.

Pembersihan Kandang

Kita mulai dari hal yang sederhana tapi sering diabaikan oleh banyak pecinta butung yaitu membersihkan kandang atau terkadang yang harus dilakukan secara rutin. Bukan rahasia lagi bahwa tempat tinggal yang bersih akan membuat penghuninya lebih sehat. Kesehatan ini akan membuat stamina kita tetap fit.

Hal yang sama terjadi pada burung kesayangan kita, jika ingin memiliki burung dengan nama love yang sehat dan gacor maka kebersihan kandang harus diperhatikan.

Kadang-kadang bersihkan burung lovebird setiap pagi sebelum dikeringkan, atau jika tidak ada waktu, Anda bisa membersihkannya seminggu sekali, tetapi pastikan tidak terlalu banyak kotoran di dalam kandang.

Mandikan LoveBird

Bukan hanya Anda yang perlu mandi setiap hari, unggas yang Anda rawat juga sama untuk menghindari bakteri atau penyakit yang mungkin menempel di bulunya. Kalau di alam liar pasti burung ini akan terkena air saat musim hujan, kalau dibesarkan bagaimana bisa terkena air?

Oleh karena itu, burung lovebird perlu kita mandikan secara rutin, baik sehari sekali sebelum dijemur atau seminggu sekali. Dalam melakukan pemadian, pastikan pangkal kandang dilepas terlebih dahulu, dan dibersihkan sekaligus.

Hal ini untuk menghindari kemungkinan bakteri di bagian bawah kandang yang akan berkembang biak saat terkena air yang kita semprotkan.

Penjemuran

Setelah kita memandikan burung tentunya harus kita upayakan agar bulu burung cepat kering, salah satunya dengan menjemurnya setelah dimandikan. Pengeringan ini juga sebaiknya dilakukan setiap hari dengan durasi 2-3 jam, namun tentunya harus disesuaikan dengan kesehatan burung.

Idealnya waktu yang tepat untuk menjemur matahari adalah jam 7 pagi sampai jam 9 pagi, hal ini akan membuat burung menjadi lebih bugar, dan tentunya suara yang dihasilkan jauh lebih bertenaga.

Memilih Pakan

Selain tiga hal yang sudah kami sebutkan, pakan burung juga merupakan salah satu rahasia agar stamina burung tetap terjaga sehingga hasil akhirnya membuat burung lovebird menjadi gacor dan memiliki borgol yang panjang.

Beberapa makanan harian Burung LoveBird adalah Kenari, Jagung Manis, Biji Oat, Toge, dan beberapa sayuran lainnya.

Lalu bagaimana dengan burung lovebird kecil? Untuk anakan lovebird, pakan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Seperti bubur bayi yang sudah diolah dengan air hangat.

Penggatangan

Setelah selesai penjemuran, biasanya kita akan menempatkan unggas di lokasi tertentu. Jika beberapa pedoman di atas digunakan untuk memastikan kesehatan burung, langkah kelima ini sebenarnya merupakan rahasia lain tentang cara merawat burung lovebird agar awet dan panjang.

Sebisa mungkin letakkan burung di lokasi yang tenang, cerah, dan berventilasi baik. Hal ini untuk memastikan burung yang kita rawat selalu memiliki mood yang baik dan agar burung tidak mudah stress.

Alangkah baiknya jika ada beberapa burung dalam satu keramaian sehingga dalam kondisi ini burung yang satu dan yang lainnya bisa menggumamkan suaranya sehingga memancing mereka untuk lebih rajin bersuara.